Mesin CNC

Posted by Unknown on Sunday 6 January 2013

Penggunaan mesin CNC hampir terdapat di segala bidang produksi.


Pada industri menengah dan besar penggunaan mesin CNC sudah tidak asing lagi dalam menunjang proses produksi. mesin CNC dibagi menjadi mesin bubut CNC dan mesin frais CNC.
Setiap jenis mesin CNC memiliki karakteristik yang berbeda sesuai dengan produsen mesin tersebut. Namun secara garis besar dalam pengoperasiannya ada dua cara,

1. Sistem Absolut

mesin CNC
Pada sistem ini, menetapkan titik referensi yang berlaku tetap selama proses operasi mesin berlangsung diguanakan sebagai acuan untuk menempatkan titik awal alat pemotong. Pada mesin bubut, titik referensinya diletakkan pada sumbu pusat benda kerja yang akan dikerjakan pada bagian ujung. Seiring berkembangnya kebutuhan akan berbagai macam produk industri dengan tingkat kesulitan yang berbeda, berbagai variasi dari mesin CNC  pun dikembangkan untuk memenuhinya.
mesin CNC


2. Sistem Incremental

Pada sistem ini titik awal penempatan yang digunakan sebagai acuan selalu berpindah sesuai dengan titik aktual yang dinyatakan terakhir. Setiap kali suatu gerakan pada proses pengerjaan benda kerja berakhir, maka titik akhir dari gerakan alat potong dianggap sebagai titik awal gerakan alat potong pada tahap berikutnya.


Itulah sedikit tentang informasi tentang mesin CNC.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment