Gerak Translasi

Posted by Al Fath on Thursday, 3 January 2013

Gerak translasi merupakan gerak utama dari prinsip kerja mesin bubut

Gerak rotasi adalah gerak perputaran benda terhadap sumbu atau porosnya. Hampir sama namun berbeda dengan gerak rotasi, gerak translasi dapat diartikan sebagai gerak pergeseran suatu benda dengan bentuk dan lintasan yang sama. 

setiap benda yang berputar pasti mengalami perpindahan sudut.

suatu besaran aksi yang dapat menyebabkan sebuah benda berputar disebut momen gaya sedangkan perputaran benda tersebut disebut torsi. Torsi dapat dihitung dengan hasil perkalian dari gaya (F) dengan lengan gaya (d).
Gerak sebuah benda juga dipengaruhi oleh momen inersia. Momen inersia dapat kita artikan sebagai kemampuan suatu benda dalam mempertahankan kecepatannya. Semakin besar momen inersia maka semakin kecil perpindahan sudut, maka dapat diartikan bahwa momen inersia berbanding terbalik dengan percepatan sudut. Jadi selain dipengaruhi oleh gaya, gerak sebuah benda juga dipengaruhi oleh massa.
Dalam gerak rotasi, gerak benda juga dipengaruhi oleh torsi. Torsi berbanding lurus dengan kecepatan benda berputar dan percepatan sudut benda berputar. Semakin besar torsi maka semakin cepat benda berputar, artinya semakin besar torsi semakin besar pula percepatan sudut.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment