Bagian Mesin Bubut Konvensional (2)

Posted by Al Fath on Friday, 11 January 2013

Nah, di sini saya akan melanjutkan membahas bagian mesin bubut konvensional.

Di artikel sebelumnya saya sudah membahas sumbu utama, eja mesin, eretan, dan kepala lepas. Bagian berikutnya adalah

5. Tuas Pengatur Kecepatan Transporter dan Sumbu Pembawa

bagian mesin bubut konvensional
Tuas ini digunakan untuk mengatur kecepatan poros transporter dan sumbu pembawa. Saat diatur kecepatan tinggi adalah ketika mesin bubut mengerjakan benda-benda berdiameter kecil. Sedangkan pengaturan kecepatan rendah digunakan ketika pengerjaan pengasaran, ulir, alur, kartel dan pemotongan.

6. Tuas Pengubah Pembalik Transporter dan Sumbu Pembawa

bagian mesin bubut konvensional
Tuas ini digunakan untuk membalikkan arah putaran sumbu utama, hal ini diperlukan saat hendak melakukan pengerjaan ulir, kartel, ataupun membubut permukaan.

7. Plat Tabel Kecepatan Sumbu Utama

bagian mesin bubut konvensional
Plat ini menunjukkan angka besaran kecepatan sumbu utama yang dapat diatur sesuai dengan hasil pengerjaan pembubutan benda kerja yang ingin didapat.

8. Tuas-tuas Pengatur Kecepatan Sumbu Utama

bagian mesin bubut konvensional
Tuas ini berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran mesin sesuai hasil perhitungan dengan menggunakan rumus maupun pembacaan dari tabel putaran.

9. Penjepit Pahat (Tools Post)

bagian mesin bubut konvensional
Tools Post digunakan untuk menjepit atau memegang pahat, yang memilki berbagai macam bentuk. Pada gambar di atas tools post jenis ini sangat praktis dan dapat menjepit pahat empat buah sekaligus sehingga jika mengerjakan benda kerja yang membutuhkan empat macam pahat, pahat-pahat tersebut dapat dipasang  dan disetel sekaligus.

10. Eretan Atas

bagian mesin bubut konvensional
Eretan atas berfungsi sebagai dudukan penjepit pahat yang sekaligus berfungsi sebagai pngatur besaran majunya pahat pada proses pembubutan ulir, alur, tirus, champer (pingul) dan lain-lain yang ketelitiannya mencapai 0,01mm.
Eretan atas harus dijalankan secara manual. Kedudukannya dapat diatur sampai posisi 360°, untuk membubut tirus dan pembubutan ulir biasanya menggunakan eretan atas ini.

11. Keran Pendingin

bagian mesin bubut konvensional
Keran pendingin berfungsi untuk menyalurkan pendingin (coollant) kepada benda kerja yang sedang dibubut dengan tujuan untuk mendinginkan pahat pada waktu penyayatan sehingga dapat menjaga pahat agar tetap tajam dan awet.

12. Transporter dan Sumbu Pembawa

bagian mesin bubut konvensional
Transporter atau poros transporter memiliki bentuk berulir segi empat atau trapesium dengan ukuran berkisar  6mm. Transporter digunakan untuk membawa eretan pada waktu kerja otomatis, misal ketika melakukan pekerjaan bubut ulir, alur, dan atau yang lainnya. Sedangkan sumbu pembawa adalah poros yang selalu berputar untuk membawa eretan atau mendukung jalannya eretan.

Sekian tentang bagian mesin bubut konvensional.

{ 1 comments... read them below or add one }

Lirik Musik said...

Terimakasih terlah berbagi, baca disini tentang artikel Mesin Bubut

Post a Comment